Minggu, 01 Juni 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                       : SMK N ................................
Kelas / Semester                    : X / II
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Sub Mata Pelajaran              : Peran Agama ( Islam ) di dalam Kehidupan
Standar Kompetensi ( SK )  : Siswa memiliki pemahaman yang utuh tentang pentingnya
                                                   Peranan agama ( Islam ) dalam kehidupan
Kompetensi Dasar ( KD )     : Siswa memahami dan membiasakan setiap kegiatan yang dia
                                                   Lakukan selalu bernuansa agama ( Islam )
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 menit (1 x pertemuan)

Indikator                                :
1.      Siswa dapat memahami pentingnya peranan agama ( Islam ) dalam kehidupan.
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan atau perbuatan yang bernuansa agama              ( Islam ) dalam kehidupan.
3.      Siswa dapat dan mampu mempraktekan kegiatan yang bernuansa agama ( Islam ) dalam kehidupannya sehari – sehari.

                                              Tujuan Pembelajaran     :
1.      Siswa di harapkan mampu memahami pentingnya peranan agama ( Islam ) di dalam Kehidupan.
2.      Siswa di harapkan mampu menyebutkan contoh suatu kegiatan yang bernuansa agama ( Islam ).
3.      Siswa di harapkan mampu mempraktekan kegiatan yang bernuansa agama ( Islam ) di dalam kehidupannya sehari – sehari.

Karakter Siswa Yang Diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (Honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes).

Metode yang di gunakan dalam Pembelajaran      :
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Pemecahan Masalah ( problem solving method )
3.      Metode Tanya Jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran            :

1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F  Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar (melalui sepenggal kisah).
F  Menghubungkan pengertian agama ( Islam ) dengan peranan agama ( Islam ) dalam kehidupan.
F Memotivasi siswa bahwa begitu indahnya hidup bila di jalani dengan setiap perbuatan yang bernilai agama ( Islam ).
F Menggali pengetahuan siswa tentang pentingnya peranan agama ( Islam ) di dalam kehidupan.

2.      Kegiatan Materi Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
F Guru menjelaskan secara rinci mengenai peranan agama ( Islam ) di dalam kehidupan.
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
F  Siswa menyampaikan pendapat mengenai peranan agama ( Islam ) di dalam kehidupan
F  Siswa menyebutkan contoh yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan di dalam masyarakat.
F  Siswa mengamalkan setiap kegiatan yang dia lakukan selalu bernuansa agama ( Islam ).

& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.
F  Guru mengembangkan dan memberi penjelasan dalam kehidupan sehari – hari mengenai materi yang di ajarkan.

3.      Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup guru:
F  Guru mengadakan tanya jawab dengan  siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh – contoh kegiatan di dalam masyarakat yang bernuansa agama ( Islam ).
F  Siswa diminta menyimpulkan sepenggal kisah mengenai materi menggunakan bahasa sendiri.
F  Guru mendengarkan siswa dalam mengulangi penyebutan contoh – contoh kegiatan yang bernuansa agama ( Islam ) di dalam kehidupannya dan di masyarakat.

Bahan Ajar / Sumber Belajar:
  1. Papan Tulis
  2. Spidol
  3. Penghapus
  4. Buku :
-          Syafaat TB. Aat, dkk Peranan Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pres. Jakarta. 2008
-          Daud Ali Mohammad. Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pres. Jakarta. 2006
  1. Pengalaman guru
  2. Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
*       Memahami dan menjelaskan pengertian dari peranan agama ( Islam ) di dalam kehidupan
*       Siswa dapat menyebutkan contoh dari kegiatan yang bernuansa agama ( Islam )
*       Siswa dapat mengamalkan setiap kegiatan selalu bernuansa agama ( Islam ) dan bernilai ibadah.

Tes tulis


Tes lisan


Tes tulis




Pilihan ganda


Jawaban singkat

Essay




  1. Berapa pentingkah peranan agama ( Islam ) di dalam kehidupan ?




  1. Apakah manfaat dalam hidup kalian ketika mengerjakan setiap kegiatan yang bernuansa agama ( Islam dan bernilai ibadah ?



Format Kriteria Penilaian    :  
1.       Produk (hasil diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



2.       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1



3.       Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performansi
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.






                Mengetahui,
             Kepala  Sekolah




       ........................................
NIP: .............................................

..........,................................
Guru Pendidikan Agama Islam




.......................................
    NIP : ........................................

1 komentar:

  1. สล็อต PGSLOTแตกง่าย เล่นง่ายได้เงินจริงผู้ให้บริการเกมสล็อต pg slot ออนไลน์บนโทรศัพท์เคลื่อนที่ที่มีเกมนานาประการให้เลือก เป็นเกมรูปแบบใหม่ที่ทำเงินให้ผู้เล่นได้เงินจริง 

    BalasHapus